BANGUN KAPASITAS DALAM PENANGANAN INSIDEN SIBER, DISKOMINSTA KOTA MAGELANG SELENGGARAKAN FGD DAN BIMBINGAN TEKNIK PENGELOLAAN INSIDEN SIBER

Monday, 27 Mar 2023 - 3:11 WIB ...

Dalam rangka membangun kapasitas dalam pengelolaan insiden siber


Dalam rangka membangun kapasitas dalam pengelolaan insiden siber, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Insiden Siber.

Kegiatan dibuka oleh Muchamad Abdul Azis, S.H., Kepala , Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang pada 14 Maret 2023 bertempat di ruang rapat B Gedung BPKAD Kota Magelang. Dalam sambutannya, Azis mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sosialiasi dan bimbingan teknis Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang telah dilaksanakan tahun 2022 lalu. Agenda utama kegiatan tahun ini adalah pendampingan pembentukan CSIRT Kota Magelang dan bimbingan teknis pengelolaan insiden siber kepada perwakilan Perangkat Daerah yang nantinya akan bergabung dalam Tim CSIRT Kota Magelang.

Kegiatan FGD yang juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas dari perwakilan OPD menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang selaku pimpinan FGD dan Sekretaris BPKAD Kota Magelang selaku perwakilan peserta. Salah satu hal yang disepakati adalah mengenai pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Kota Magelang (MAGELANGKOTA-CSIRT) sebagai sarana bagi OPD untuk berkolaborasi dalam pengelolaan insiden siber.

Sebagai rangkaian kegiatan FGD, dilaksanakan asistensi/pendampingan pembentukan CSIRT oleh Tim dari Badan Siber dan Sandi Negara. Melalui penilaian tingkat kematangan dalam penanganan insiden, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang berada pada level 2 dengan total score indeks kematangan setelah verifikasi 1,1. Selain itu juga dilakukan bimbingan teknis kepada perwakilan OPD selama 2 (dua) hari, pada tanggal 15 – 16 Maret 2023. Peserta melakukan praktek (hands on) secara langsung pada contoh kasus yang diberikan oleh narasumber sehingga dapat memperoleh pengalaman secara langsung dalam menangani insiden siber. Kegiatan bimbingan teknis direncanakan akan diagendakan setiap tahun sebagai upaya membangun kapasitas dan kompetensi dalam melakukan penanganan insiden keamanan siber.