Bimtek Penggunaan TTE (Batch 1) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang

Tuesday, 09 May 2023 - 7:07 WIB ...

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan SPBE di lingkungan Pemerintah Kota Magelang


Dalam rangka mendukung penyelenggaraan SPBE di lingkungan Pemerintah Kota Magelang, telah dilaunching Srikandi pada 2 Januari 2023 sebagai tanda operasionalisasi penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) pada OPD di lingkungan Pemerintah Kota Magelang. Untuk mengoptimalkan penggunaan tanda tangan elektronik, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang gelar Bimbingan Teknis Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (Batch 1) pada tanggal 9 Mei 2023.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominsta Kota Magelang, Noki Rachmanto, S.Kom., M.M dan diikuti oleh perwakilan 13 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Magelang. Pada bimbingan teknis disampaikan penggunaan tanda tangan elektronik dengan menggunakan aplikasi penandatanganan dari Balai Sertifikasi ELektronik (BSrE) yaitu Panter dan sistem pengelolaan administrasi dan disposisi surat digital (Spandista) yang dikembangkan oleh Diskominsta. Dalam sambutannya, Kepala Bidang Statistik dan Persandian menyampaikan bahwa Penggunaan panter bukan untuk menggantikan Srikandi, namun untuk saling mendukung. Semakin banyak aplikasi, semakin banyak pilihan, sehingga pengguna bisa menggunakan aplikasi yang paling nyaman. Peserta melakukan praktek (hands on) langsung terhadap penggunaan aplikasi penandatangan Panter dan Spandista.

Dengan bimbingan teknis penggunaan tanda tangan elektronik kali ini, diharapkan OPD dapat lebih memahami penggunaan tanda tangan elektronik pada tata naskah dinas sehingga dapat turut mendukung mengamankan penyelenggaraan SPBE di lingkungan pemerintah kota Magelang.